Wednesday, November 16, 2016

Pengertian Desain Interior Dengan Penataan Ruang

 


A. Desain Interior Rumah

Arti desain interior menurut para ahli ada yang berbeda-beda, menurut Alexanser C yang merupakan seorang peneliti desain mengartikan desain interior adalah komponen fisik yang tepat dari suatu struktur fisik. Sedangkan menurut Bruce Acher yang merupakan seorang desaigner mengatakan desain adalah suatu aktivitas pemecahan masalah yang diarahkan pada suatu tujuan (goal).
Dari definisi yang disebutkan oleh para ahli diatas dapat disimpulkan bahwa Desain Interior adalah proses pemecahan masalah pada komponen-komponen fisik dari suatu struktur secara sistematis untuk mencapai kesesuaian suatu tujuan. Ada juga pengertian desain menurut D.K. Ching sebuah perencanaan tata letak dan perancangan ruang dalam di dalam bangunan. Dimana keadaan fisiknya memenuhi kebutuhan dasar kita akan naungan dan perlindungan, mempengaruhi bentuk aktivitas dan memenuhi aspirasi kita dan mengekspresikan gagasan  yang menyertai tindakan kita, disamping itu sebuah desain interior juga mempengaruhi pandangan, suasana hati dan kepribadian kita. Oleh karena itu tujuan dari perancangan interior adalah pengembangan fungsi, pengayaan estetis dan peningkatan psikologi ruang interior.
Kedudukan desain interior terletak diantara teknik dan seni, karena tanpa adanya teknik dan seni maka desain tidak akan menarik untuk di pandang. Suatu desain yang tidak mempertimbangkan aspek teknik berarti mengabaikan aspek konstruksi akan mngakibatkan desain yang dihasilkan tidak akan aman dipergunakan dan pasti akan mengakibatkan kecelakaan bagi penggunanya.

Desainer interior adalah seseorang yang melakukan pekerjaan perancangan interior. Desain Interior tidak sama dengan dekorasi. Jika arsitektur digambarkan sebagai seni dan ilmu mendesain struktur untuk interaksi manusia, maka Desain Interior dapat diartikan sebagai seni ilmu dalam memahami kebiasaan manusia untuk menciptakan ruang fungsional dalam struktur yang dirancang oleh arsitek. Jadi focus perhatian desain interior yaitu menyangkut berbagai aspek yang terkait dengan kegunaan ruang.

Karyawan atau klien sebagai pemakai ruang merupakan titik tolak perancangan, sehingga segala sesuatu yang terkait dengan aktivitas mereka dalam ruangan yang akan di desain harus betul-betul teridentifikasi dengan baik agar kepuasan klien dapat terpenuhi. Untuk itu desainer juga harus memiliki data diri dari klien tersebut meliputi usia, jenis kelamin, pekerjaan, hobi, warna kesukaan, gaya yang diinginkan,  kesan ruang yang diharapkan dan sebagainya. Dengan data yang lengkap maka perumusan desain menjadi lebih terarah.
The American Society of Interior Designers (ASID) mendefinisikan mengenai interior designer sebagai seseorang yang memiliki kriteria sebagai berikut: "Interior designer is professionally trained to create a functional and quality interior environment. Qualified through education, experience and examination, a professional designer can identify, research and creatively resolve issues and lead to a healthy, safe and comfortable physical environment.
Pendapat diatas menjelaskan bahwa  desainer interior adalah seorang yang terlatih secara profesional untuk menciptakan lingkungan interior yang fungsional dan berkualitas. Karena telah terkualifikasi melalui pendidikan, pengalaman dan ujian, seorang desainer interior dapat mengidentifikasi, meneliti dan secara kreatif memecahkan permacalahan dan mengarahkan perancangan menuju lingkungan fisik yang sehat, aman dan nyaman.

Desainer interior bertanggung jawab dalam  berbagai hal meliputi: pengorganisasian ruang untuk menyelaraskan dengan fungsinya, meyakinkan bahwa  desain yang dibuat match atau sesuai dengan penggunaan kode keamanan bangunan, mengatur konstruksi dan penerapan desain, bahkan juga mendesain transmisi akustik dan tata suara. Seorang  desainer interior juga dituntut tanggungjawabnya dalam memilih dan menentukan peralatan, perabot, produk, bahan dan warna yang digunakan dalam perancangan interiornya.
Desainer interior tidak bekerja atas dasar keinginan dan selera pribadi, akan tetapi segala sesuatu yang didesain bertitik tolak pada keinginan dan harapan klien sebagai konsumen yang meminta jasa desainer interior. Untuk dapat memahami keinginan dan harapan klien atas desain yang  dipercayakan penggarapannya pada desainer, maka perlu dilakukan komunikasi yang intensif serta identifikasi fisik bangunan yang cermat.
Seorang desainer interior juga dapat memanfaatkan ilmu yang dimiliki sebagai pengajar. Pendidikan seni dan desain berkembang dengan pesat di seluruh negara, yang membutuhkan instruktur yang memiliki kualifikasi tinggi. Akan tetapi, seorang praktisi desain interior yang memiliki kualifikasi tinggi belum tentu memiliki kualifikasi dalam mengajar, sehingga perlu hati-hati dalam memilih profesi ini karena diperlukan juga pengetahuan mengenai cara mengajar yang baik.

B. Desain Interior Rumah Tinggal

Untuk penataan ruang dalam, desainer interior Purnomo dari konsultan Asiatique ingin menciptakan suasana nyaman dan ceria sekaligus mengimbangi rancangan arsitektur yang cenderung kaku. Furnitur didesain simpel dengan kombinasi warna-warna cerah, tekstur lembut dan motif memikat seperti terlihat pada sofa berlapis kain beledu warna ungu yang dipadu dengan kursi berlengan berlapis kulit warna putih di ruang penerima tamu.
Aspek penting lainnya dalam rancangan rumah tinggal ini adalah desain lanskap yang menunjang konsep arsitektur ataupun desain interior hunian. Sebagai zona utama, halaman belakang yang luas ditanami oleh pepohonan berkanopi lebar dan rimbun agar dapat mengurangi suhu panas di dalam bangunan sekaligus meredam silau dari cahaya matahari. Adapun taman depan diolah untuk mendukung tampilan fasad hunian yang lebih “segar” dan “menyatu” dengan lingkungan sekitar sedangkan taman dalam didesain untuk menyamarkan dinding pembatas atau undakan tanah.
Desain rumah yang bagus tak hanya melibatkan aspek kebutuhan fungsional semata dan selera pemilik rumah saja, tetapi juga menghadirkan pengalaman ruang yang berbeda dan khas. Desain rumah juga tak hanya mengacu pada hasil akhir fisik bangunan, tetapi juga peduli dengan pengalaman yang diperoleh pengguna saat melewati dan berada di bagian-bagian dalam bangunan.
Itulah prinsip yang digunakan oleh Egino T. Prasetyo, arsitek muda yang juga kepala konsultan Utopia Architecture, saat membuat desain rumah bergaya modern tropis milik keluarga yang berlokasi di kawasan Telaga Bodas, Semarang, Jawa Tengah

C. Macam-Macam Desain Interior Ruangan Rumah Tinggal

1. Ruang tamu


Ruang tamu menjadi salah satu bagian penting yang harus Anda perhatikan di dalam rumah dengan model minimalis. Sekarang ini kebanyakan rumah minimalis dengan type 36 dan type 45, maka dari itu kebanyakan mengorbankan kepentingan interior ruang tamu demi keperluan ruangan yang lain. Tentu saja hal itu bukanlah sebuah kesalahan, karena apabila diperhitungkan dengan ruangan lain seperti ruang keluarga, ruang makan, ruang dapur dan kamar tidur memang wajib didahulukan karena frekuensi pemakaiannya lebih sering.
Namun supaya Anda tetap memiliki akses saat menerima tamu, ada baiknya hal tersebut harus juga diperhatikan karena tidak lengkap rasanya kalau sebuah rumah walaupun minimalis namun tidak memiliki ruang tamu. Salah satu yang mungkin Anda terapkan adalah model teras rumah yang dimodel seperti ruang tamu.

• Pembatas / Divider
Untuk Anda yang memiliki ukuran rumah minimalis dan tidak terlalu besar, maka sebaiknya jangan menggunakan tembok untuk memisahkan ruang tamu ruang tengah yang biasanya digunakan  sebagai ruang keluarga. Tujuannya supaya rumah tidak berkesan pengap dan sempit. Untuk menyiasati hal tersebut  Anda bisa menggunakan berbagai macam divider misalnya lemari TV, dan tirai, atau pemisah lainnya. Jika Anda menggunakan tirai, Anda juga memiliki keuntungan lainnya. Misalnya ketika ada acara keluarga yang tidak tertampung di dalam ruang tamu, anda juga bisa membuka tirai dan menjadikan ruangan lebih luas karena tergabung dengan ruang tengah tersebut.

• Furniture
Untuk ruang tamu yang berukuran tidak terlalu besar, sebaiknya meminimalkan keberadaan furniture yang tidak fungsional. Misalkan kursi minimalis untuk 2-3 orang tamu dan sebuah kursi untuk tuan rumah, dan meja kecil juga bisa menjadi solusi yang bijak. Selain itu Anda juga bisa menggunakan karpet sebagai pengganti kursi, hal itu akan terkesan lebih luas

• Warna
Tidak kalah penting juga, bahwa dalam pemilihan warna juga sebaiknya menggunakan warna-warna cerah agar terkesan ramah bagi tamu yang berkunjung.
Demikian beberapa tips desain interior ruang tamu rumah minimalis yang sudah kami sajikan dalam menyiasati ruang tamu Anda karena minimnya space yang tersedia. Sehingga rumah yang tadinya cukup kecil, namun tetap terasa nyaman dengan pengaturan interior yang diatur dengan bijaksana. Semoga

2. Ruang  Keluarga


Ruang keluarga menjadi salah satu ruangan yang paling penting didekorasi demi keindahan dan kenyamanan anda ketika sedang bersama keluarga tercinta anda. Konsep ruang keluarga dalam rumah minimalis lebih memperhatikan nilai guna ruang dengan memfasilitasi beberapa furniture-firniture yang sederhana dan sesuai kebutuhan. Sistem tata ruang yang digunakan juga cenderung sederhana namun tetap memberikan kesan elegan dan nyaman untuk bercengkerama bersama keluarga. Furniture-funiture yang ada dalam ruang keluarga biasanya adalah sofa minimalis, lemari, serta rak untuk tivi. Perpaduan yang pas untuk beberapa furniture tersebut dan layout yang sesuai tentu akan mampu menampilkan keindahan desain interior ruang keluarga anda.


Pertama, anda harus memperhatikan warna cat yang anda gunakan dalam ruang keluarga anda. Warna cat yang lembut akan lebih memberikan kesan yang elegan untuk ruang keluarga anda. Selain itu, anda juga harus memadu-padankan warna dinding dengan beberapa furniture yang ada dalam ruang keluarga anda. Desain interior ruang keluarga dalam rumah minimalis juga menggunakan beberapa furniture yang minimalis, seperti sofa minimalis, dan lemari minimalis dan rak tempat tivi yang juga minimalis. Untuk lemari, anda bisa menaruh lemari dengan pintu kaca yang di dalamnya bisa anda letakkan barang-barang koleksi anda. Barang-barang koleksi anda tersebut bisa anda pajang sebagai pemanis ruangan yang juga bisa menunjukkan karakter si pemilik rumah. Sebagai barang pemanis, anda juga harus menatanya dengan rapi dan indah.
Ada kalanya anda merasa jenuh dengan pekerjaan sehari hari anda dan cara untuk menghilangkan kejenuhan tersebut adalah dengan berkumpul bersama keluarga tercinta anda, anda bisa saja mengajak mereka jalan jalan seperti pergi ke mall ke tempat rekreasi atau ke tempat hiburan keluarga lainnya, akan tetapi bagaimana jika waktu yang anda miliki hanya sedikit karena di sibukan oleh pekerjaan kantor anda, maka solusi mengatasinya adalah dengan memiliki ruang keluarga minimalis untuk rumah anda sebagai pengganti tempat huburan keluarga tersebut.

3. Ruang makan


Desain interior ruang makan merupakan salah ruang yang cukup penting dari sebuah hunian rumah tinggal. Jenis kegiatan pada Ruang makan kini tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk makan saja, melainkan juga sebagai tempat berkumpulnya keluarga. Inilah mengapa ruang makan diberi julukan ruang keluarga ke II. Di ruang makan, komunikasi antara anggota keluarga dapat terjalin dengan lanca. Ada kelonggaran untuk mengobrol santai,menyampaikan berbagai hal. Untuk itu sebaiknya ruang makan dirancang sedemikian rupa layaknya sebuah ruang kelurga yang rileks. Namun tetap memiliki perbedaan dengan ruang keluarga. Desain interior ruang makan biasanya diisi furniture ruang makan yang berkesan formal; berdesain tinggi.  Dengan demikian, ruang makan tidak hanya harus mampu memfasilitasi penggunanya hanya sebagai ruang untuk kegiatan bersantap saja, tetapi juga memfasilitasi pengguna sebagai ruang untuk berkumpul keluarga. Belum lagi apabila penghuni rumah harus menjamu tamu atau sanak saudara, rumah makan merupakan bentuk kepribadian dan penghargaan pemilik rumah kepada tamu, oleh karena itu kehangatan dan kenyamanan harus terpancar dengan baik.

Seiring dengan perkembangan zaman, kini desain ruang makan lebih variatif lagi tidak terpaku dengan suasana formal yang dimana kita dipaksa untuk duduk rapi dan tertib dengan posisi badan yang selalu berorientasi pada meja makan. Namun kini gaya ruang makan yang dimana memiliki susunan kursi berjejer layaknya di bar atau tempat restoran cepat saji, lebih diterima dan dinikmati. Langgam gayanya pun cukup variatif mulai dari ruang makan bergaya klasik, minimalis, etnik, hingga kontemporer yang kesemuanya bisa dikemas dengan tampilan ruang makan yang modern sehingga tampilannya tidak ketinggalan zaman.

a. Lokasi Ruang Makan
    Lokasi ruang makan dibedakan menjadi 3, yaitu:
•  Desain ruang makan yang Bergabung dengan Dapur : Ruang makan yang berada di dapur dikenal dengan sebutan breakfast nook. Area makan ini cenderung berukuran kecil dengan jumlah kursi hanya dua sampai tiga buah. Aktivitas makan yang terjadi umumnya lebih simpel, demikian juga penggunaan peralatan dan perlengkapannya. Bisa jadi sekaligus digunakan sebagai mini bar dengan posisi duduk yang berjajar.

• Desain Ruang Makan Dekat Ruang Keluarga : Ruang makan jenis ini merupakan penggabungan ruang keluarga dengan ruang makan. Biasanya tanpa pembatas dinding atau sekat yang bersifat masif. Keterbukaan sengaja dihadirkan agar ruang terasa lebih luas dan keakraban antar anggota keluarga tetap terjalin. Ruang makan tipe ini banyak diterapkan di rumah-rumah masa kini / rumah tinggal dengan konsep minimalis. Selain lebih hemat ruang, beragam kegiatan yang dilakukan anggota keluarga dapat terpusat pada satu ruang bersama.

• Ruang Makan Terpisah : Ruang makan tipe ini merupakan area makan yang berada khusus di satu ruangan. Letaknya terpisah dengan ruang lain, sehingga kegiatan makan menjadi lebih formal. Keberadaan ruang terpisah sebagai ruang makan biasanya dilengkapi dengan dinning set terpusat. Letaknya di tengah ruang dengan kursi mengelilingi meja makan. Gaya ruang makan seperti ini cocok diterapkan pada rumah yang berukuran cukup luas.

b. Kebutuhan Furniture Ruang Makan

• Meja Makan : Meja Makan yang ukurannya di sesuaikan dengan jumlah kursi. Bentuk furniture meja makan yang bermacam- macam memiliki sifat yang berbeda- beda dalam menciptakan ruang makan.

• Kursi : Kursi yang jumlahnya minimal sama dengan jumlah anggota keluarga. Dengan demikian semua anggota keluarga dapat berkumpul bersama dalam satu waktu makan.

• Lemari penyimpanan : Untuk  lemari penyimpan tidak harus ada, tetapi lemari penyimpan di ruang makan akan membantu kemudahan penyimpanan serta penataan ruang makan dan Interior Disain. Pilihan lemari penyimpan dapat berupa lemari rendah atau lemari tinggi. Satu hal yang perlu di ingat, sebaiknya desain furniture lemari penyimpan memiliki laci- laci untuk menyimpan sendok,garpu dam pisau makan.

•  Penerangan : Desain Lampu gantung tepat diatas meja makan biasanya paling sesuai untuk ruang makan. Dimmer atau fasilitas yang dapat membesarkan dan mengecilkan intensitas cahaya lampu akan sangat membantu penciptaan ruang makan. Unsur pencahayan atau lighting sangat berpengaruh terhadap suasana yang akan dibentuk dalam desain interior ruang makan, oleh karena itu pencahayaan/ lighting hendaknya dipertimbangkan secara matang. Pengaplikasian pencahayaan/ lighting juga dapat menjadi sebuah pendorong selera makan bagi pengguna ruang makan tersebut.

• Ventilasi : Ventilasi sangat penting untuk ruang apapun termasuk ruang makan. Makan dalam uadara yang pengap dan mengalir sangat tidak menyenangkan.

4. Ruang Tidur


Interior kamar tidur menjadi salah satu faktor yang menunjang keindahan kamar tidur Anda. Dengan pemilihan desain interior kamar tidur yang tepat akan menambah kenyamanan serta membuat si pemiliki kamar akan semakin betah berlama-lama dikamar. Jika saat ini Anda berpikir untuk mendesain interior kamar tidur minimalis, sebaiknya anda membaca beberapa tips dalam desain interior kamar tidur minimalis berikut ini, antara lain :

• Warna cat yang sesuai
Point yang dapat anda terapkan adalah dengan memberi warna dinding anda dengan warna cat yang tepat sesuai dengan model dan ukuran dari ruang kamar anda. Anda dapat melakukan penggantian wallpaper ataupun dengan mengecatnya ulang. Tapi kami sarankan anda menggunakan wallpaper karena wallpaper lebih menghemat biaya dari pada Anda membeli cat.

• Meja rias
Penyesuaian untuk meja riasnya, bisa menggunakan rias yang tidak terlalu besar ukurannya. Meja rias juga menjadi perabotan yang penting di dalam kamar terutama untuk perempuan. Sebaiknya letakkan meja rias di dekat lemari pakaian. Pengaturan letak lemari pakaian dan juga meja rias ini untuk memudahkan Anda dalam bersiap untuk beraktifitas. Selanjutnya adalah pemilihan pada cat tembok kamar. Untuk memberikan kesan yang luas, pilih cat tembok yang sesuai dengan warna kusen. Warna yang kontras akan malah memberikan kesan yang sempit dan ruangan menjadi terlihat tambah penuh.

• Walpaper tembok   
Anda bisa memasang wallpaper untuk tembok kamar tidur Anda. Wallpaper memiliki beragam variasi motif dan juga model. Wallpaper ini selain untuk mempercantik kamar tidur, juga berfungsi membuat kamar tidur yang sempit terlihat lebih mewah. Pilih model atau motif wallpaper sesuai karakter Anda dan juga konsep dari kamar tidur Anda. Jika kamar Anda memiliki jendela, Anda bisa pasang gorden jendela dengan warna yang sesuai dengan konsep kamar tidur Anda dan pilih corak yang tidak terlalu ramai. Warna yang netral adalah pilihan yang bagus.

5. Dapur


Rumah tanpa adanya ruangan untuk dapur sebagai tempat memasak dan mengolah berbagai kegiatan yang berhubungan dengan makanan pastinya akan sangat tidak memenuhi standar rumah yang sehat dan ramah lingkungan,
karena dapur adalah faktor penting juga dalam interior rumah.Semakin berkembangnya dunia properti dari gaya arsitektur rumah minimalis dan interior rumah yang semakin bagus dan lebih modern contohnya adalah ruang dapur yang kini dapat anda buat dengan mudah tanpa tergantung dengan luas ruangan dapur tersebut.
Salah satunya dengan menerpakan kitchen set, banyak ukuran kitcen set bahkan anda bisa custom sendiri dengan sesuai ukuran yang anda inginkan, terlebih harga sebuah kitchen set sudah sangat cukup terjangkau di semua kalangan, jadi jangan ragu untuk membuat sebuah dapur minimalis modern yang nyaman dan cantik untuk dilihat.
Agar anda dapat menemukan inspirasi dalam membuat dapur minimalis atau merenovasi dapur yang sudah ada dirumah anda untuk dirubah agar tampilannya dan fungsinya lebih maksimal serta lebih nyaman dan berseih lagi.

6. Kamar Mandi


Kamar mandi awalnya hanya untuk tempat mandi, namun seiring dengan berkembangnya zaman, kamar mandi kadang juga sebagai tempat wastafel (cuci tangan) ataupun sebagai toilet atau WC (water closet) bahkan sebagai tempat luluran. Oleh karena itu, saat ini banyak orang sekali yang ingin membuat kamar mandi yang nyaman, mudah diakses dari seluru penjuru rumah dan kamar mandi yang enak dilihat meskipun kamar mandi tersebut tidak terlalu luas.
Untuk membuat kamar mandi yang nyaman, coba ikuti langkah-langkah di bawah ini :

• Perhatikan sirkulasi didalam kamar mandi
Sirkulasi udara di dalam kamar mandi sangat penting untuk Anda perhatikan agar suasana kamar mandi tidak pengap. Untuk itu, pasang ventilasi udara yang cukup sehingga lalu lintas udara ke kamar mandi bisa berjalan dengan lancar.

• Pakai lantai anti slip
Gunakanlah bahan untuk lantai kamar mandi yang tidak licin. Karena jika lantai kamar mandi Anda licin, tentunya akan sangat membahayakan diri Anda sendiri dan keluarga. Selain memilih keramik lantai yang anti slip, Anda juga bisa memakai kayu anti slip yang juga anti air meskipun harganya cukup mahal dibandingkan dengan keramik anti slip.

• Sediakan tempat penyimpanan
Sebelum menata isi perlengkapan kamar mandi, tentunya Anda harus memilih-milih terlebih dahulu barang apa saja yang harus ada di kamar mandi seperti sabun, shampo, conditioner, lulur, pasta gigi, sisir dan cermin.
Setelah itu, tata semua perlengkapan tersebut dalam sebuah rak. Apabila ada barang yang isinya telah habis, segera buang agar tidak bikin penuh kamar mandi.
Anda juga bisa menggabungkan rak bersama cermin dengan membeli mirror cabinet yang bisa Anda beli di toko-toko kepercayaan Anda.

• Pilih pencahayaan yang tepat
Cahaya matahari atau lampu sangat penting dalam membuat kamar mandi yang nyaman. Untuk membuat kamar mandi anda lebih menarik, pencahayaan yang tepat sangat diperlukan. Cahaya matahari membuat kamar mandi terbebas dari pengap.
Pemasangan lampu kecil (redup) akan membantu menuntun Anda menuju kamar mandi saat malam hari dan untuk bola lampu, gunakanlah lampu halogen.

• Tata ruang pintu
Untuk kamar mandi yang kecil atau mini, pintu akan cukup menyulitkan Anda untuk keluar masuk kamar mandi. Oleh karena itu, lebih baik Anda pilih pintu geser daripada pintu buka tutup yang selama ini banyak dipakai.

• Perhatikan kemiringan lantai

Buat lantai kamar mandi Anda minimal mempunyai angka kemiringan sebesar 2% ke arah pembuangan air agar tidak sampai terjadi genangan di dalam kamar mandi. Setelah anda membaca cara membuat kamar mandi yang nyaman.

Demikian pengertian desain interior dengan penataan ruang, sangat banyak tips dan ide bahkan contoh untuk mendesain interior yang ingin kembali ke masa lalu atau pun modern. inspirasi dan kreatifitas itu tiada batas di mana kita untuk kepuasan hati pribadi dan kepuasan secara umum, dari sini dengan adanya ide kreatif yang akan tertuang ke dalam bentuk nyata akan menjadi kenyamanan tersendiri buat pemilik bahkan orang lain juga sebagai penikmat.di tambah lagi sebuah interiorlah yang interaksinya bernilai lebih di banding eksterior. Semoga akan menjadi  ilmu dan wawasan tambahan buat anda atau juga bisa mejadi inspirasi anda

Terima Kasih.

2 comments:
Write comments
  1. terima kasih artikelnya, menambah informasi dan bermanfaat
    silahkan kunjungi website kami di https://jasaarsitekmalang.net

    ReplyDelete
  2. Sedang mencari jasa desain interior profesional , Kunjungi Website Kami Di jasa desain interior

    ReplyDelete